Safety Ridding Course Competition - MPM Sidoarjo
Kali ini kami bakal cerita sedikit tentang kegiatan kami yang pastinya bakal ngga kalah dengan artikel sebelumnya donk hehehe.. Mau tau ceritamnya??
Dari kiri Bro Rio #397, Sist Zefa #373, Bro Harry #401 |
Kali ini HSX 125C Sidoarjo mengutus 3
membernya untuk mengikuti kompetisi “Safety Riding Course” sebagai perwakilan
dari Paguyuban Honda Delta Sidoarjo (PHDS) seleksi antar komunitas/klub di 3
paguyuban yaitu wilayah Surabaya, Sidoarjo dan Gresik yang diadakan hari
Minggu, 04 September 2016 bertempat di MPM Training Center, Sedati -
Sidoarjo. 3 member HSX 125C Sidoarjo yang mewakili PHDS yaitu Sist
Zefanya #373, Bro Rio #397 dan Bro Harry #401.
Tepat pukul 08.00 WIB acara di
mulai. Di awali dengan mengisi data diri di form kehadiran yang di lanjutkan
dengan ganti baju khusus latihan safety riding. Setelah ganti baju peserta di
giring menuju kelas teori yang bertempat di lantai 2 kantor MPM. Di dalam kelas
teori ada 20 peserta yang hadir dan antusias mendengarkan penjelasan dan
pengarahan dari instruktur utusan dari pihak MPM.
Kelas Safety Ridding Course |
Kelas tidak berlangsung lama,
tepatnya pukul 09.15 WIB peserta meninggalkan kelas teori untuk selanjutnya di
arahkan menuju tempat praktek Safety Riding Center.
Sebelum peserta mempraktekkan,
instruktur memberikan pengarahan dan contoh bagaimana 'riding posture' yg baik
dan cara mengendalikan motor itu sendiri.
Sebagian diantaranya pada
saat'breaking' (pengereman) jari tangan yg menarik tuas rem maupun kopling harus
menggunakan 4 jari, kaki saat berkendara juga harus merapat/menjepit body
motor/tangki dan setelah melakukan oper gigi kaki harus diatas porseneling dan
kaki kanan harus stand by diatas pedal rem.
Seusai instruktur menjelaskan,
selanjutnya peserta di berikesempatan 3 kali yaitu 2 kali percobaan dan 1 kali
penilaian.
Safety Ridding Course Competition |
Pertama dimulai dengan praktek
'Breaking' (pengereman) dimana peserta dituntut melakukan pengereman mendadak
dengan baik di saat melaju dengan kecepatan 40km/jam dan tuas rem di tarik
ketika ban depan sudah melewati garis yg di tentukan. Satu persatu peserta
mencoba teknik 'breaking'. Sekalipun kita darikomunitas/klub motor ternyata
masih banyak yg gagal dalam percobaan namun ada pula sebagian yg berhasil
menyelesaikannya.
Waktu menunjukkan pukul 11.30
WIB, peserta di beri waktu untuk ishoma (istirahat, sholat dan makan). Selang 1
jam tepatnya pukul 12.30 WIB acara kembali di lanjutkan.
Papan Keseimbangan (narrow Plank) |
Di praktek yg kedua adalah 'Narrow Plank'
(keseimbangan) dimana peserta diharuskan melewati papan selebar 30 cm dan
panjang 10 meter yg terbuat dari plat besi dan peserta tidak boleh terjatuh
ataupun melanggar 'riding posture'
Dan yg ketiga atau yg
terakhir adalah 'Slalom Course' yg merupakan teknik berkendara bermanuver dan
cornering di lintasan dengan berbagai rintangan seperti 'kun' dan garis dimana
peserta di wajibkan menyelesaikan tanpa harus menyentuh rintangan dengan waktu
tercepat.
Setelah semua peserta menyelesaikan
tahapan demi tahapan praktek safety riding, peserta di perkenankan untuk
kembali ke dalam kelas berbarengan dengan juri yg sedang merekap nilai dari
semua peserta.
Slalom Course |
Detik-detik yg menegangkan
dimana semua peserta akan mengetahui hasil dari praktek di lapangan tadi. Dan
instruktur pun datang dengan membawa nilai hasil praktek. Segera di umumkan
pemenangnya, dan Juara 1 yaitu dengan peserta nomor (023), Juara 2 peserta
nomor (010) dan juara 3 peserta dengan nomor (013), dan kategori wanita nomor
(052) yg tidak lain adalah Sist Zefanya #373 sebagai juara di kategori wanita.
Setelah pengumuman juara,
peserta di perkenankan kembali ke kamar ganti dan mengembalikan pakaian khusus
safety riding ke tempatnya seperti semula dan bersiap untuk pulang ke rumah
masing-masing.
Sekian kesimpulan 'Safety
Riding Course' kita di MPM Honda Sedati - Sidoarjo. Tunggu keseruan dan keikut
sertaan kita lagi di acara Honda ya guys..
Salam HaeSeX 125..
#Sidoarjo #SafetyRidingCourse #HSX125CSidoarjo
Foto : Doc Pribadi
Author : #401 , #373
Editor : #371
Editor : #371
0 komentar:
Post a Comment